HEADLINE


Statistik


Home » , , » Tatap Muka Kapolres Sekadau Dengan Siswa SMK Amaliyah: Pentingnya Bijak Bersosmed di Kalangan Pelajar

Tatap Muka Kapolres Sekadau Dengan Siswa SMK Amaliyah: Pentingnya Bijak Bersosmed di Kalangan Pelajar


TRIBRATANEWSPOLRESSEKADAU Pelajar adalah calon pemimpin bangsa yang sejak dini harus dapat menghindari perbuatan pidana dan cerdas dalam memilah informasi di media sosial. 

Hal tersebut menjadi pokok bahasan dalam acara Tatap Muka Kapolres Sekadau AKBP Anggon Salazar Tarmizi, S.IK dengan siswa siswi SMK Amaliyah Sekadau, Rabu (16/01/2019) pagi. 

AKBP Anggon menjelaskan, pada umumnya manusia adalah makhluk labil terutama bagi pelajar yang dengan mudahnya menerima suatu berita yang belum tentu kebenarannya.

Sebagai contoh, beberapa hari lalu ada 4 siswa di Sekadau yang mendownload video peristiwa laka lantas parah yang terjadi di Bogor. Kemudian dalam video tersebut ditulis bahwa itu laka lantas di Sekadau, dikuatkan dengan tulisan yang menyatakan bahwa siswa tersebut menyaksikan sendiri kejadian laka lantas.

Baca: Sebar Hoaks, 4 Pelajar di Sekadau Diamankan Polisi


Video editan tersebut kemudian disebarkan melalui pesan berantai di media sosial WhatsApp dan cukup menggegerkan warga. Pihak Sat Lantas Polres Sekadau bahkan melakukan crosscheck ke RSUD Sekadau untuk memastikan kebenaran video. Setelah ditelusuri, diketahui bahwa video tersebut diedit dan disebarkan para pelajar. Karena berstatus pelajar, pihak kepolisian telah memberikan sanksi untuk membuat video permintaan maaf disertai surat pernyataan dan siswa tersebut dikembalikan ke pihak sekolah.

Baca: 4 Pelajar Penyebar Hoax Akhirnya Dipulangkan Setelah Membuat Pernyataan Permohonan Maaf


Hal tersebut merupakan contoh pelanggaran UU ITE yakni menjadi membuat dan menyebarkan hoax. Dan terkait media sosial saat ini sudah ada UU ITE yang hukumannya berat sehingga kita harus bijak dalam menerima konten berita. 

Cross check dan saring dulu kebenaran berita tersebut dan jangan langsung share. Di jaman teknologi ini banyak sekali ditemukan berita-berita yang belum tentu kebenarannya tersebar di media sosial.

"Untuk itu kepada para pelajar harus bijak dalam menerima berita tidak terprovokasi maraknya hoax - hatespeech dan isu sara di media sosial," kata Kapolres Sekadau kepada para pelajar di aula SMK Amaliyah. 

Hal lain yang disampaikan yakni terkait narkoba yang telah merajalela di semua kalangan termasuk pelajar. Narkoba sifatnya menyerang dan melemahkan saraf si pengguna. 

"Mantan pengguna narkoba yang setelah di lakukan rehabilitasi terlihat seperti seseorang yang tidak mengenal lingkungan sekitarnya. Mulai saat ini pikirkan masa depan, semoga kalian tidak terjebak di dalam narkoba," pesan Kapolres Sekadau  didampingi Kasat Binmas Iptu Masdar, Kepala Sekolah SMK Amaliyah Cecep Saparthayuda, dan KBO Sat Binmas Ipda Lijana.



Penulis : NR
Editor    : Arg
Publish : Humas Polres Sekadau

0 komentar:

Posting Komentar