HEADLINE


Statistik


Home » , , » Polres Sekadau Sukses Amankan Festival Keling Kumang, Kapolres Apresiasi Pelestarian Budaya Dayak

Polres Sekadau Sukses Amankan Festival Keling Kumang, Kapolres Apresiasi Pelestarian Budaya Dayak

TRIBRATANEWSPOLRESSEKADAU Festival Keling Kumang Ke-II Tahun 2024 ditutup dengan meriah di Taman Kelampiau, Dusun Tapang Sambas, Desa Tapang Semadak, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, pada Sabtu (18/5/2024) malam. 

Acara penutupan dihadiri oleh Wakil Bupati Sekadau, Subandrio, Kapolres Sekadau, AKBP I Nyoman Sudama, Ketua Pengurus Gerakan KK, Stefanus Masiun, Ketua Pengawas Gerakan Keling Kumang, Darius Sila, CEO CU Keling Kumang Valentinus Narung, Kepala DPMPTSP Sekadau, Handayani, Kadis UMKM Kab. Sekadau, Emanuel, Ketua DAD Jefrai Raja Tugam, Ketua GOW Ny. Wiwin Atriana Subandrio, Ketua Bhayangkari Sekadau, Ny. Echa Nyoman Sudama, beserta seluruh peserta dan tamu undangan. 

Festival Keling Kumang telah diselenggarakan selama 3 hari, mulai dari tanggal 16 hingga 18 Mei 2024. Festival ini merupakan salah satu upaya untuk melestarikan budaya Dayak di Kabupaten Sekadau, yang dimeriahkan dengan berbagai perlombaan seperti lomba menyanyi lagu Dayak, lomba Pangka Gasing, lomba Masak Pansuh, lomba Sape', lomba menyumpit dan pemilihan Bujang Keling dan Dara Kumang. 

Pada acara penutupan ini juga dilaksanakan pengumuman dan pemberian hadiah bagi para peserta lomba yang diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Sekadau, Subandrio dan juga Kapolres Sekadau, AKBP Nyoman Sudama.

Penutupan Festival Keling Kumang Ke-II Tahun 2024 juga dimeriahkan dengan berbagai penampilan menarik dari para peserta lomba dan artis lokal, yang disaksikan oleh ratusan penonton dari Kabupaten Sekadau dan sekitarnya.

Secara terpisah, Kapolres Sekadau AKBP Nyoman Sudama mengapresiasi seluruh rangkaian Festival Keling Kumang Ke-II Tahun 2024 dapat berjalan dengan lancar dan aman. Hal ini berkat kerja sama panitia dan aparat keamanan.

"Terhitung sejak Festival Keling Kumang dibuka, sampai hari penutupan ini, kami dari Polres Sekadau telah menempatkan sebanyak 81 personel pengamanan, yang telah di ploting untuk melakukan pengamanan baik secara terbuka maupun tertutup," ujar Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan, pada penutupan festival ini, Polres Sekadau menyiagakan sebanyak dua puluh personel pengamanan. Pengamanan ini dilakukan di dalam lokasi acara maupun diluar area untuk pengaturan lalu lintas. Acara berlangsung aman tertib tanpa gangguan kamtibmas. 

Kapolres juga mengapresiasi pelaksanaan Festival Keling Kumang II sebagai ajang promosi budaya Dayak yang kaya dan beragam. Kapolres berharap festival ini dapat terus dilestarikan dan menjadi salah satu ikon budaya Kabupaten Sekadau.

"Pengamanan ini sebagai bentuk dukungan dari Polres Sekadau, diharapkan festival ini tidak hanya menjadi ajang perlombaan budaya, tetapi juga sebagai sarana mempererat kebersamaan dan persaudaraan di antara masyarakat Sekadau dan sekitarnya," kata Kapolres AKBP Nyoman Sudama.


Penulis : NR
Editor    : Arg
Publish : Humas Polres Sekadau  

0 komentar:

Posting Komentar