HEADLINE


Statistik


Home » , , » Apel Jam Pimpinan, Kapolres Sekadau Tekankan Pentingnya Sinergi dan Komitmen Jaga Kamtibmas

Apel Jam Pimpinan, Kapolres Sekadau Tekankan Pentingnya Sinergi dan Komitmen Jaga Kamtibmas

TRIBRATANEWSPOLRESSEKADAU Apel jam pimpinan halaman Mapolres Sekadau pada Senin (13/5/2024) pagi, dipimpin langsung oleh Kapolres Sekadau, AKBP I Nyoman Sudama. Dalam arahannya, Kapolres menyampaikan beberapa hal penting terkait agenda kedepan dan upaya menjaga Kamtibmas di wilayah Sekadau.

Kapolres mengawali arahannya dengan mendoakan kesembuhan bagi rekan-rekan dan keluarga yang sedang sakit. Ia juga menyampaikan ucapan selamat Hari Kenaikan Yesus Kristus dan mengapresiasi kinerja tim yang telah melaksanakan penertiban aktivitas PETI selama dua hari kemarin.

Kapolres menjelaskan bahwa agenda kedepan yang cukup padat, salah satunya adalah kegiatan Gawai Dayak Sekadau yang diawali dari kampung dan puncaknya ditutup di tingkat Kabupaten pada akhir bulan Juli.

"Filsafat Adat Gawai Dayak, menurut Uskup Agung Pontianak, ada dua konsep filososi yang pertama adalah ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, yang kedua ucapan syukur kepada sesama manusia. Dua hal ini perlu kita sampaikan kepada masyarakat, sehingga kegiatan yang dilaksanakan tidak menyimpang dari dua hal ini," jelas Kapolres.

Selain itu, Kapolres juga mengingatkan tentang agenda politik yang masih berjalan, yaitu Pemilukada. Ia menekankan pentingnya pelaksanaan strategi-strategi seperti saat pengamanan pemilu kemarin, mulai dari deteksi dini, preventif, preemtif represif dan rehabilitatif.

"Disamping dua agenda tersebut, tentunya kegiatan rutin juga tidak kita abaikan dan harus dilaksanakan. Kegiatan rutin lainnya tentu untuk mengantisipasi potensi gangguan-gangguan Kamtibmas yang mungkin setiap saat akan muncul," imbuh Kapolres.

Menanggapi situasi Kamtibmas yang semakin kompleks, Kapolres menjabarkan tiga upaya yang dapat dilakukan, yaitu dengan melakukan kampanye dan menciptakan lingkungan yang mendukung perubahan sosial. 

Menciptakan atau membangun atau mendorong masukan solusi untuk menyelesaikan masalah. Kemudian memanfaatkan jaringan sosial (modal sosial) karena polisi tanpa masyarakat tidak akan berhasil.

"Dalam permasalahan apapun tiga hal ini bisa kita terapkan baik masing-masing atau secara keseluruhan. Sehingga dalam pelaksanaan tugas kita bisa lebih baik lagi," tegas Kapolres.

Menutup arahannya Kapolres mengajak seluruh personel untuk meneguhkan komitmen kembali program Zero Pelanggaran. Sinergi dan komitmen dari seluruh personel Polres Sekadau diharapkan dapat menjaga Kamtibmas di wilayah Sekadau tetap kondusif.


Penulis : NR
Editor    : Arg

0 komentar:

Posting Komentar