HEADLINE


Statistik


Home » , » Kapolda Kalbar dan Forkopimda Melepas Mudik Gratis Khatulistiwa 2024

Kapolda Kalbar dan Forkopimda Melepas Mudik Gratis Khatulistiwa 2024

TRIBRATANEWSPOLRESSEKADAU Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Pol Pipit Rismanto S.I.K., M.H., bersama Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, Dr. Horrison, M.Kes., dan Forkopimda Kalimantan Barat melepas keberangkatan program Mudik Gratis Khatulistiwa 2024 di Lapangan Jananuraga Polda Kalbar, Jumat (5/4/2024).

Acara pelepasan ini menandai dimulainya program mudik gratis yang diinisiasi oleh Polda Kalbar bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat untuk membantu masyarakat dalam mudik Lebaran 2024.

Dalam sambutannya, Kapolda Kalbar menyampaikan bahwa Polda Kalbar telah melakukan persiapan matang dalam menghadapi lonjakan arus mudik Lebaran tahun ini. Persiapan ini dilakukan berdasarkan hasil survei Kementerian Perhubungan RI yang memprediksikan 71,7% warga Indonesia atau sekitar 193 juta orang akan melakukan mudik.

"Puncak arus mudik diperkirakan terjadi dua hari sebelum Lebaran (H-2) dan tiga hari setelah Lebaran (H+3)," ungkap Kapolda Kalbar.

Untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik dan membantu masyarakat, Polda Kalbar menyelenggarakan Program Mudik Gratis Khatulistiwa 2024. Program ini diharapkan dapat membantu menekan kepadatan arus lalu lintas, mengurangi angka kecelakaan lalu lintas, dan membantu pengendalian inflasi.

"Program Mudik Gratis ini melibatkan 12 trayek dengan total 45 armada bus, dimana 38 bus didanai oleh APBD Provinsi Kalimantan Barat dan 7 bus disediakan oleh Polda Kalimantan Barat," jelas Kapolda Kalbar.

Meskipun target partisipasi mencapai 1.700 orang, program ini diikuti oleh 900 peserta. Para pemudik mendapatkan pengawalan, konsumsi selama perjalanan, dan disambut oleh Forkopimda setempat di tujuan.

Kapolda Kalbar berharap program ini dapat membantu masyarakat dalam mudik Lebaran dengan aman dan nyaman.

"Saya ingatkan untuk selalu menjaga ketertiban dan keselamatan serta memanjatkan doa agar diberikan perlindungan selama perjalanan," pesan Kapolda Kalbar.


Penulis : Humas Polda Kalbar
Publish : Humas Polres Sekadau

0 komentar:

Posting Komentar