HEADLINE


Statistik


Home » , , » Ambil Apel Jam Pimpinan Kapolres Sekadau Sampaikan Arahan Pasca Pemilu 2024

Ambil Apel Jam Pimpinan Kapolres Sekadau Sampaikan Arahan Pasca Pemilu 2024

TRIBRATANEWSPOLRESSEKADAU Kapolres Sekadau AKBP Dr. I Nyoman Sudama, S.I.K., M.Si, pimpin apel jam pimpinan, menyampaikan beberapa arahan dan penekanan yang menjadi atensi bagi seluruh anggota Polres Sekadau, pada Senin (4/3/2024) pagi.

"Terimakasih kepada seluruh rekan-rekan yang telah melaksanakan tugas dengan baik dalam pengamanan pemilu 2024, puncaknya pada tanggal 14 Februari kemarin. Beberapa kekurangan dan keterbatasan, mari kita benahi evaluasi bersama, agar kedepannya semakin baik. Sehingga menjadi kekuatan bagi kita dalam menghadapi tantangan tugas di masa yang akan datang," ucap Kapolres.

Kapolres juga menyampaikan beberapa arahan dari pimpinan yang menjadi penekanan untuk seluruh anggota Polri. Pertama wajib melaksanakan analisa dan evaluasi kegiatan yang sudah dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat bawah. Setiap kegiatan pengamanan wajib menyiapkan rencana pengamanan (Renpam). 

"Kegiatan yang harus dilaksanakan pasca pemilu, beberapa diantaranya menetralisir residu-residu politik, harus dilaksanakan dengan berbagai upaya. Semua satgas, subsatgas dalam operasi Mantap Brata Kapuas mempunyai peran yang sama," tegas Kapolres.

Disamping itu, tingkatkan dan optimalkan K3I (Kendali, Komunikasi, Koordinasi dan Informasi), karena di sanalah semuanya terhimpun informasi yang dibutuhkan dari semua hal terkait dengan pelaksanaan tugas di lapangan.

Pasca pemilu harus mewujudkan kembali kerukunan dan persatuan di masyarakat. Dengan strategi, kerja sama dengan semua pihak, memanfaatkan command center yang menjadi pusat K31, kemudian terakhir dengan manajemen media.

"Kegiatan-kegiatan yang perlu dilaksanakan ke depan disamping masih dilakukan pengamanan objek vital pemilu, tidak terhenti pada kegiatan preemtif, preventif, dan represif namun dilanjutkan dengan kegiatan pemulihan atau rehabilitasi," kata Kapolres.

"Jika semuanya sudah berjalan tentu kembali lagi ke strategi awal yakni berupa deteksi dan antisipasi kemudian kembali lagi ke preemtif, preventif, represif, dan rehabilitasi, yang menjadi siklus strategi yang diterapkan berjalan secara berkesinambungan. Tidak berhenti pada satu tahapan saja, karena satu tahapan akan mempengaruhi keberhasilan tahapan selanjutnya sampai terakhir sehingga terwujudnya situasi Kamtibmas yang kondusif," tambahnya.

Masih kata Kapolres, masing-masing fungsi yang terlibat agar melaksanakan dengan teknis dan taktik serta SOP yang ada. Kemudian ketika terjadi kejadian harus bisa menilai situasi yang terjadi atau berkembang. Tentunya dengan identifikasi masalah dan menganalisis, memberi respon dan melakukan penilaian dan pengkajian apakah upaya atau tindakan yang sudah dilakukan bisa mengurangi masalah atau masalah tersebut masih terjadi sehingga perlu upaya-upaya lanjutan.

"Melaporkan sesegera mungkin setiap kejadian sehingga pimpinan bisa memberikan arahan petunjuk dan mengambil keputusan yang tepat. Menerapkan SOP secara tepat dan benar, sehingga tidak ada keraguan atau kesalahan yang bisa berujung atau memperburuk situasi yang terjadi," terangnya.

Menutup arahannya, Kapolres menyampaikan, seluruh anggota harus belajar dari peristiwa yang terjadi. Untuk kegiatan di bulan ini kembali pada kegiatan rutin tetap berjalan seperti biasa. Kemudian ada kegiatan operasi yaitu Keselamatan Kapuas 2024 dalam rangka menyambut bulan Ramadhan.

"Laksanakan operasi dengan sebaik-baiknya berikan contoh yang baik kepada masyarakat sehingga masyarakat memberikan dukungan, menumbuhkan kepercayaan masyarakat kepada kepolisian. Semakin meningkat kepercayaan masyarakat, Polri akan semakin kuat dan memperoleh legitimasi dalam tugas-tugas yang dilaksanakan," tukasnya. 


Penulis : NR
Editor    : Arg

0 komentar:

Posting Komentar