HEADLINE


Statistik


Home » , , , » Sat Binmas Polres Sekadau Ajak Warga Dusun Segori Galakkan Satkamling

Sat Binmas Polres Sekadau Ajak Warga Dusun Segori Galakkan Satkamling

TRIBRATANEWSPOLRESSEKADAU - Kasat Binmas Polres Sekadau AKP Masdar beserta anggota meninjau Pos Satkamling di dusun Segori, desa Gonis Tekam, Kecamatan Sekadau Hilir pada Kamis (25/5) malam bersamaan dengan progam Jumat Curhat.

Giat ini juga dihadiri oleh kepala desa Gonis Tekam Rizal Arafat, kepala dusun Segori Imam Sugiarto, ketua RT setempat, beserta tokoh masyarakat dan awak poskamling dusun Segori. 

Pada kesempatan ini Kasat Binmas menjelaskan hal pokok terkait Poskamling yang sekarang disebut Satkamling. Artinya adalah satuan masyarakat yang mengemban fungsi kepolisian terbatas yang dibentuk oleh warga masyarakat atas kemauan, kesadaran dan  
Kepentingan untuk mengamankan lingkungannya.

"Sesuai dasar hukumnya, Satkamling itu sendiri punya tugas yaitu memberi rasa aman di lingkungan RT ataupun RW dimana orang bersangkutan tinggal," jelas AKP Masdar.

Selaku Kepala Desa Gonis Tekam, Rizal Arafat menyambut baik pelaksanaan fungsi Satkamling di dusun Segori. Menurutnya, selain mencegah aksi kriminalitas di kampung, adanya Satkamling juga bisa membantu warga yang membutuhkan pertolongan dan sebagai sarana mediasi bagi warga untuk menyelesaikan masalah. 

"Banyak manfaat yang didapat dari adanya Siskamling di dusun kami, antara lain apabila ada orang sakit butuh pertolongan maka dengan cepat terbantu, dan juga tempat untuk memecahkan masalah dan lain sebagainya," ujarnya.

Kasat Binmas berpesan agar kegiatan Satkamling ini lebih ditingkatkan mengingat potensi kejahatan yang mungkin terjadi di perkampungan yang notabene letaknya jauh dari kota Kabupaten Sekadau, supaya masyarakat bisa mengantisipasi sendiri sebagai bentuk pemolisian swakarsa.


Penulis : NR
Editor    : Arg 
Publish : Humas Polres Sekadau

0 komentar:

Posting Komentar