HEADLINE


Statistik


Home » , , » Polsek Sekadau Hulu Gencarkan Penggunaan Aplikasi Cuka Kayu

Polsek Sekadau Hulu Gencarkan Penggunaan Aplikasi Cuka Kayu


TRIBRATANEWSPOLRESSEKADAU - Pangan merupakan kebutuhan dasar bagi manusia yang harus dipenuhi setiap saat, mempunyai peranan penting bagi kelangsungan kehidupan. Terutama di masa Pandemi Covid-19.

Jajaran Polsek Sekadau Hulu pada Selasa (28/7) mensosialisasikan pogram Polisi Sahabat Petani. Dipimpin langsung Kapolsek IPDA Sudarsono bersama personelnya, berbaur langsung dengan pemilik kebun.

Kapolsek Sekadau Hulu IPDA Sudarsono mengatakan, melalui program Polisi Sahabat Petani yang dicanangkan Polda Kalbar, pihaknya ingin membantu para petani dalam mengolah lahan pertanian menjadi lebih produktif.

"Selain itu program ini bertujuan untuk mewujudkan program ketahanan pangan di era adaptasi kebiasaan baru (AKB) di tengah Pandemi Covid-19 yang berdampak pada roda perekonomian," kata Kapolsek.

Program Polisi Sahabat Petani, ujar Kapolsek, Polres Sekadau dan jajarannya mengenalkan penggunaan aplikasi Cuka Kayu kepada petani, dalam proses pembuatannya ramah lingkungan serta ekonomis.

"Proses pembuatan cukup mudah dengan membakar kayu ataupun semak belukar pada saat membuka lahan, kemudian diolah dan diambil asapnya menjadi cairan pupuk organik yang dinamakan Cuka kayu," terangnya.

Selain mengurangi penggunaan pupuk makro yang harganya relatif mahal, Penggunaan Cuka Kayu juga mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Tidak perlu membuka lahan dengan dibakar, namun cukup dikumpulkan kemudian diolah ke dalam mesin Cuka Kayu.




Penulis : NR
Editor    : Arg 
Publish : Humas Polres Sekadau

0 komentar:

Posting Komentar