HEADLINE


Statistik


Home » , » Sosialisasi Pencegahan Karhutla, Kapolsek Sekadau Hilir Paparkan Dampak Asap

Sosialisasi Pencegahan Karhutla, Kapolsek Sekadau Hilir Paparkan Dampak Asap


TRIBRATANEWSPOLRESSEKADAU - Kapolsek Sekadau Hilir IPDA Koderi menjadi narasumber pada sosialisasi tentang pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada Rabu (5/2/2020) pukul 13.00 WIB.

Sosialisasi berlangsung di kantor desa Gonis Tekam kecamatan Sekadau Hilir, hadir diantaranya perangkat desa, Babinsa, tomas, tokoh pemuda serta perwakilan masyarakat Gonis Tekam.

Mengawali paparannya, Kapolsek Sekadau Hilir IPDA Koderi menyampaikan bahwa pada bulan April diperkirakan memasuki musim kemarau, dan momen tersebut akan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berladang.

Tradisi masyarakat setempat, lanjut Kapolsek, lahan yang akan digunakan sebagai tempat bercocok tanam terlebih dahulu akan ditebang dan dibakar, dengan alasan untuk mengusir hama dan mendapatkan hasil panen padi yang memuaskan.

"Akibat pembakaran hutan maupun lahan tersebut akan menimbulkan munculnya kabut asap serta mengganggu jarak pandang para pengguna kendaraan," jelas Kapolsek.

"Dari segi kesehatan, asap dari hasil pembakaran akan menyebabkan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), bahkan sekolah meliburkan muridnya akibat kabut asap yang berkepanjangan," sambungnya.

Kapolsek berharap agar kegiatan sosialisasi ini menjadi pembelajaran bagi masyarakat bahwa pembakaran hutan dan lahan akan menimbulkan dampak negatif, tidak hanya pada kesehatan namun merambah pada sektor lainnya.




Penulis : NR
Editor    : Arg 
Publish : Humas Polres Sekadau

0 komentar:

Posting Komentar