HEADLINE


Statistik


Home » , , » Kapolres Sekadau Tegaskan Tokoh Masyarakat & FKPM Berkontribusi Wujudkan Aspek Keamanan Program Desa Mandiri

Kapolres Sekadau Tegaskan Tokoh Masyarakat & FKPM Berkontribusi Wujudkan Aspek Keamanan Program Desa Mandiri


TRIBRATANEWSPOLRESSEKADAU - Polda Kalimantan Barat melakukan pembinaan terhadap Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) dan Tokoh Masyarakat di Kabupaten Sekadau. Pembinaan tersebut dilakukan sebagai wujud dalam mendukung desa mandiri di Kalbar.

Kapolres Sekadau, AKBP Marupa Sagala, S.I.K., S.H, MH menilai, kegiatan tersebut penting dilakukan mengingat peran FKPM dan para tokoh masyarakat sangat diperlukan sebagai mitra Polri dalam mewujudkan kamtibmas di wilayah Kalbar.

"Sesuai dengan perannya yang secara langsung bersinggungan dengan masyarakat, Polri dituntut untuk bekerja sama dengan masyarakat untuk menjaga ketertiban, ketentraman serta norma yang hidup di dalam lingkungan masyarakat itu sendiri," kata Kapolres membacakan sambutan Dirbinmas Polda Kalbar, dalam pembinaan peningkatan kemampuan FKPM dan Tokoh Masyarakat yang digelar di Hotel Vinca Borneo, Kamis (12/12).

Menurutnya, dalam rangka mendukung kesiapan desa mandiri yang menjadi program unggulan Gubernur Kalbar, sangat diperlukan rasa aman dan nyaman. Desa mandiri merupakan desa yang mampu memenuhi kebutuhannya sendiri, tidak semata-mata hanya memerlukan bantuan. Tetapi, mampu mengatur desanya dan potensi yang ada di desanya.

"Untuk menentukan desa mandiri ada 3 indeks, yaitu ketahanan sosial, ekonomi dan ekologi. Dari 3 indeks tersebut ada 50 indikator yang didalamnya terdapat bagian tugas pokok Polri berkaitan dengan bidang keamanan," ucapnya.

Kapolres mengatakan, dalam menyukseskan program desa mandiri khususnya aspek keamanan, Polri terus berupaya mendorong masyarakat, seperti membangun pos kamling, menggerakkan siskamling. Kemudian mengaktifkan peran FKPM, lembaga adat, membangun sinergitas Polri dengan parangkat desa dalam kebersamaan penyelesaian masalah-masalah sosial.

"Tokoh masyarakat dan FKPM harus berperan aktif agar masyarakat tidak mudah terprovokasi dengan situasi yang dapat mengganggu ketentraman masyarakat. Diharapkan semua pihak dapat meningkatkan sinergitas dan soliditas dalam menjaga kemananan di masyarakat," pesannya.

"Sehingga bisa mendukung terbentuknya desa-desa mandiri yang muaranya akan memberikan kontribusi terhadap terciptanya situasi aman dan kondusif di Kalbar," pungkas Kapolres Sekadau AKBP Marupa Sagala, S.I.K., S.H, MH.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten II Setda Kabupaten Sekadau, Kasi Binpenakta Subdit Tibsos Ditbinmas Polda Kalbar, Danramil Sekadau Hilir, Tokoh Masyarakat, FKPM, Bhabinkamtibmas dan Babinsa.




Penulis : NR
Editor    : Arg 
Publish : Humas Polres Sekadau

0 komentar:

Posting Komentar