HEADLINE


Statistik


Home » , » Kapolres Sekadau Hadiri Acara "Adat Batas Negeri" di Keraton Kusuma Negara

Kapolres Sekadau Hadiri Acara "Adat Batas Negeri" di Keraton Kusuma Negara


TRIBRATANEWSPOLRESSEKADAU - Rombongan tamu agung yang terdiri dari perwakilan Gubernur Kalbar, Kapolres Sekadau AKBP Marupa Sagala, S.I.K, S.H, M.H, Dandim 1204 Sanggau dan tamu lainnya hadir pada acara Adat Batas Negeri I, Sabtu (14/12/2019) pukul 09.00 WIB.

Kegiatan ini berlangsung di keraton Kusuma Negara desa Mungguk kecamatan Sekadau Hilir, hingga tanggal 20 Desember 2019.

Acara diisi beragam perlombaan diantaranya lomba syair, begesah / bertutur, belangkah, qasidah, hadrah, besilat serta lomba beselumak perau bidar (lomba sampan bidar).

Adat Batas Negeri Kusuma Negara mendapatkan apresiasi pemerintah Provinsi Kalimantan Barat sebagai salah satu sarana pelestarian adat budaya di kabupaten Sekadau.

Pertama kali, rombongan tamu agung disambut dengan adat nijak toluk, palang pintu tamu agung, tarian adat melayu, atraksi pencak silat Rajawali dilanjutkan dengan adat mandi beladau.

Selanjutnya, rombongan tamu agung menaiki perahu untuk melakukan pawai di sekitaran sungai Sekadau dalam rangka pembukan lomba sampan bidar yang diikuti oleh 88 tim.

Secara pribadi, Kapolres Sekadau mendukung kegiatan yang merupakan salah satu upaya menjaga kelestarian adat, disertai beragam lomba tradisional seperti sampan bidar yang diharapkan dapat melahirkan generasi atlit dan membawa kabupaten Sekadau untuk proses perkembanganya menjadi lebih baik.

AKBP Marupa menyebutkan selama 7 hari kedepan, Polres Sekadau akan menyiagakan personel di sekitar lokasi acara Adat Batas Negeri, untuk menciptakan suasana kamtibmas yang kondusif, mendukung lancarnya kegiatan ini.




Penulis : NR
Editor    : Arg 
Publish : Humas Polres Sekadau

0 komentar:

Posting Komentar