HEADLINE


Statistik


Home » , » Kapolres Sekadau AKBP Marupa Sagala Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Kapuas 2019

Kapolres Sekadau AKBP Marupa Sagala Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Kapuas 2019


TRIBRATANEWSPOLRESSEKADAU - Kapolres Sekadau AKBP Marupa Sagala, S.I.K, S.H, MH memimpin apel gelar pasukan Operasi Lilin Kapuas 2019 di Mapolres Sekadau Jl. Merdeka Timur pada Kamis, (19/12/2019).

Apel gelar pasukan dihadiri para pejabat Instansi Sipil dan TNI, para Kabag, Kasat, Kapolsek jajaran dan anggota Polres Sekadau.

Kapolres Sekadau AKBP Marupa Sagala, S.I.K, S.H, MH membacakan amanat Kapolri Jenderal Idham Azis, bahwa Operasi Lilin Tahun 2019 merupakan operasi kepolisian terpusat, dilaksanakan selama 10 hari dari tanggal 23 Desember 2019 sampai dengan 1 januari 2020.

Digelar serentak di seluruh jajaran kepolisian, dalam pelaksanaannya melibatkan 191.807 personel pengamanan, difokuskan pada 61.308 objek di seluruh Indonesia baik itu gereja, tempat wisata, pusat pebelanjaan, dan tempat perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Strategi yang diterapkan dalam operasi ini mengedepankan tindakan preemtif dan pencegahan dengan dukungan kegiatan intelijen, termasuk deteksi dini dan deteksi aksi, serta penegakan hukum yang profesional," ucap Kapolres.

Lanjutnya, berdasarkan prediksi Intelijen, terdapat 12 potensi kerawanan yang harus diantisipasi, diantaranya aksi terorisme, kejahatan konvensional, kemacetan lalulintas, kecelakaan transportasi, sweeping ormas, aksi penolakan peribadatan, kenaikan harga sembako, konflik sosial dan tawuran, bencana alam, konvoi dan balap liar, kebakaran akibat petasan, pesta narkoba maupun miras.

"Berkaitan dengan potensi kerawanan tersebut, seluruh Kasatwil harus bersinergi dengan stakeholder terkait untuk menentukan langkah antispasi yang proaktif dan menerapkan strategi yang tepat guna mengatasi berbagai potensi gangguan sesuai dengan karakteristik kerawan di setiap daerah," tutup Kapolres membacakan amanat Kapolri.

Kapolres menegaskan kepada seluruh personel yang terlibat Operasi Lilin Kapuas 2019, agar memberikan pengamanan secara profesional dan humanis, memberikan pelayanan terbaik serta meningkatkan kewaspadaan pengamanan dengan penerapan buddy system.

Selesai kegiatan Apel gelar pasukan, kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan Sarpas pendukung dalam pelaksanaan Operasi Lilin Kapuas 2019 di Polres Sekadau.

Untuk diketahui, dalam Operasi Lilin Kapuas 2019, Polres Sekadau melibatkan 80 personel pengamanan gabungan dari lintas satuan fungsi.

Selain itu Polres Sekadau juga menyiapkan 1 Pos Pelayanan di Pos Polantas dan juga 2 Pos Pengamanan di Pos Steher Pasar Sekadau dan Pos Polisi Simpang 4 Kayu Lapis.




Penulis : NR
Editor    : Arg 
Publish : Humas Polres Sekadau

0 komentar:

Posting Komentar