HEADLINE


Statistik


Home » , » Kasat Binmas Menjadi Narasumber Dalam Rakor Pembinaan Forum Keagamaan di Kabupaten Sekadau

Kasat Binmas Menjadi Narasumber Dalam Rakor Pembinaan Forum Keagamaan di Kabupaten Sekadau


TRIBRATANEWSPOLRESSEKADAU - Pemkab Sekadau menggelar rapat kordinasi (Rakor) Pembinaan Forum Keagaman Tahun 2019 yang digelar di gedung Kateketik Jl. Merdeka Selatan desa Sungai Ringin kecamatan Sekadau Hilir, Selasa (29/10/2019) pukul 08.30 WIB.

Hadir dalam rapat tersebut, Bupati Sekadau Rupinus, SH, M.Si, Kapolres diwakili Kasat Binmas IPTU Masdar,  Pabung 1204 Sanggau/Sekadau Mayor Arg. M. Agus Setyawan, Camat Sekadau Hilir Syafi'i Yanto, ketua FKUB Paulus Lion beserta tamu undangan.

Ketua Panitia Pendi, S.Sos, M.Si dalam laporannya menyampaikan, perlunya membangun kerjasama antara pemerintah dengan umat beragama di kabupaten Sekadau.

Sehingga rapat kordinasi Pembinaan Forum Keagamaan Tahu 2019 di kabupaten Sekadau ini digelar dan diagendakan selama 2 (dua) hari, 29 sampai dengan 30 Oktober 2019.

Membuka rakor, Bupati Sekadau Rupinus, SH, M.Si mengatakan, pembinaan forum keagamaan dilaksanakan guna mencegah penyebaran paham radikalisme, terorisme dan hal yang menyimpang didalam ajaran agama.

Diharapkan, toleransi antar umat beragama tetap selalu dijaga dan dijunjung tinggi. Sehingga kabupaten Sekadau yang dikenal multi etnis selalu damai dan terhindar dari perpecahan.

Sementara itu, Kapolres Sekadau yang diwakili oleh Kasat Binmas IPTU Masdar dalam paparannya menyampaikan peran dan kebijakan Polri dalam menciptakan Kamtibmas dan kerukunan umat beragama.

Polri dalam menciptakan Kamtibmas, toleransi dalam kerukunan antar umat beragama sesuai dengan UU nomor 2 tahun 2002 pasal 5 yaitu memelihara Kamtibmas dan penegakan hukum.

Selain itu, kata IPTU Masdar, Polri juga berpedoman kepada 4 (empat) Pilar Kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan pilar Bhinneka Tunggal Ika.

Pihak kepolisian dalam hal ini Polres Sekadau mengharapkan, situasi Kamtibmas di kabupaten Sekadau selalu dalam keadaan aman damai dan sejuk.

"Tentunya hal itu diperlukan kerjasama dari seluruh pihak baik itu dari unsur pemerintahan, elemen masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat berserta ormas," ujar Kasat Binmas IPTU Masdar.

Dengan adanya rapat koordinasi ini, hubungan antara aparat Pemerintah, Pemda, Polri dan TNI, bersama semua elemen masyarakat dan juga ormas yang ada di Sekadau semakin baik dalam menangkal penyebaran radikal serta menjaga kerukunan.




Penulis : NR
Editor    : Arg 
Publish : Humas Polres Sekadau

0 komentar:

Posting Komentar