HEADLINE


Statistik


Home » , » Kapolda Bersama Gubernur dan Pangdam Sholat Istighosah Atasi Karhutla Kalbar

Kapolda Bersama Gubernur dan Pangdam Sholat Istighosah Atasi Karhutla Kalbar


TRIBRATANEWSPOLRESSEKADAU - Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono bersama Gubernur Kalbar Sutarmidji, Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, Wakapolda Kalbar Drs Imam Sugianto dan segenap Forkopimda Provinsi dan Kota serta ribuan warga Kalbar Sholat Istiqhosah, di halaman Kantor Gubernur Kalbar, Kota Pontianak, Rabu (18/9/2019).

Semua wilayah di Kalbar serentak melaksanakan Sholat Istiqhosah ini memohon kepada Allah SWT agar hujan segera turun untuk memadamkan api yang membakar lahan di Provinsi Kalbar dan wilayah lainnya dapat segera padam.

Pemadaman Karhutla Sudah Maksimal oleh tim gabungan satgas Karhutla Kalbar, segenap upaya sudah diupayakan untuk menghentikan karhutla. Pemadaman dari darat dan udara dilakukan dan kini saatnya kita memohon minta pada Tuhan turunkan hujan untuk pemadaman semuanya,” Kata Kapolda Kalbar Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono disampaikan pada media seusai sholat Istighosah.

Selain itu, menanggapi pertanyaan dari media massa. Ia menyampaikan ada 66 kasus karhutla yang ditangani Polda Kalbar diantaranya 15 Kasus Korporasi yang lahannya dilakukan penyegelan dan sisanya 51 kasus perorangan.

“Dari aspek pidana, ada 3 instrumen hukum yang akan dipersangkakam mulai dari Lingkungan Hidup, Perkebunan dan Kehutanan, harapannya pelaku dapat diberikan sanksi yang yang bisa membuat efek jera,” Tegas Kapolda Kalbar Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH.

Begitu juga dari Pemerintah daerah akan memberikan sanksi tegas berdasarkan Peraturan Gubernur.

“Mulai sanksi pembekuan ijin  selama 5 tahun bagi perusahaan yang sengaja membakar lahan, dan 3 tahun bagi perusahaan yang lalai, sampai dengan pencabutan ijin apabila perusahaan mengulanginya kembali,” ujar Kapolda Kalbar Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH.

Semoga selepas Sholat Istiqhosah ini hujan segera turun, anak-anak sekolah masih diliburkan karena dampak racun Karbon Monoksida dari asap ini sangat berbahaya.

“Tercatat saat ini 8.640 orang lebih terkena ISPA terutama bagi anak-anak, balita, ibu-ibu sedang hamil, lansia, pengidap penyakit Asma dan jantung. Itu baru dari aspek kesehatan, belum lagi aspek ekonomi dan seterusnya semuanya merugi,” papar Kapolda Kalbar Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH.

Tiga ribu lebih personel TNI, Polri, BPBD, Manggala Aqni dan pemadam swasta masih patroli melakukan pemadaman api.

“Api dipermukaan sudah bisa diatasi semua, bisa dipadamkan. Saat ini masih proses pemadaman bara api di dalam tanah gambut yang masih mengepul mengeluarkan asap di wilayah kuburaya, kayong utara, ketapang dan sintang,” pungkasnya.




Penulis  : Cucu Safiyudin
Sumber : Humas Polda Kalbar
Publish : Humas Polres Sekadau

0 komentar:

Posting Komentar