HEADLINE


Statistik


Home » , , , » Tim Dit Binmas Polda Kalbar Lakukan Penilaian Lomba Poskamling di Dusun Segori

Tim Dit Binmas Polda Kalbar Lakukan Penilaian Lomba Poskamling di Dusun Segori


TRIBRATANEWSPOLRESSEKADAU - Tim Direktorat Binmas Polda Kalbar Kompol Dewa Ngakan Arinata, S.I.K dan AKP Haryono mengunjungi Pos Kamling Lanau Beringin Bersatu di RT 02 dusun Segori desa Gonis Tekam kecamatan Sekadau Hilir, kunjungan tersebut dalam rangka penilaian lomba poskamling tingkat Polda Kalbar.

Lomba poskamling ini digelar dalam rangka peringati Hari Bhayangkara ke 73 pada 1 Juli 2019. Kegiatan penilaian poskamling tingkat Polda Kalbar tersebut berupa pengisian ceklis kelengkapan poskamling.

Kemudian wawancara Ketua RT mengenai kemampuan dasar patroli, kemampuan dalam menangani jika terjadi gangguan Kamtibmas, kebakaran, bencana alam dan kemampuan dalam mengamankan orang yang dicurigai maupun pelaku tindak pidana.

Turut mendampingi dalam kegiatan ini, Kasat Binmas Polres Sekadau IPTU Masdar, Kapolsek Sekadau Hilir IPDA Koderi, dan Kanit Bintibmas Bripka Nanang. 

Kedatangan Tim Dit Binmas di poskamling Lanau Beringin Bersatu disambut Bhabinkamtibmas Brigadir Aldo, tokoh masyarakat, ketua RT dan masyarakat setempat, Kamis (4/7/2019) malam pukul 21.00 WIB.

Tokoh masyarakat dusun Segori Agustinus menyampaikan, suatu kehormatan besar bagi warga dusun Segori atas kedatangan pejabat Polda dan Polres maupun Polsek di poskamling Lanau Beringin Bersatu.

Ia menjelaskan bahwa setiap RT di dusun Segori desa Gonis Tekam mempunyai poskamling yang aktif dilaksanakan ronda secara sederhana.


Dalam pelaksanaan ronda keliling setiap 1 jam juga dilakukan pengambilan beras jimpitan disetiap rumah warga kemudian dikumpulkan di tingkat RT selanjutnya dijual dengan harga murah untuk masyarakat yang lebih membutuhkan.

Setiap akhir bulan kita mengadakan pertemuan ditingkat RT, mengevaluasi kegiatan selama 1 bulan termasuk pelaksanaan ronda di poskamling. Keseluruhan inventaris di poskamling ini merupakan aset di RT 02 dusun Segori.

Berkaitan dengan fungsi dari poskamling ini, masyarakat dusun Segori ingin membantu TNI dan Polri dalam menjaga Kamtibmas. Sangat bersyukur karena warga disini sering dilakukan pembinaan dari Bhabinkamtibmas.

Sementara itu Kompol Dewa Ngakan Arinata, S.I.K mengatakan, terkait kelengkapan dari poskamling sudah cukup baik. Ada bebera kekurangan yang harus dilengkapi yaitu sarana kesehatan kotak P3K, borgol, dan peluit untuk menangani jika sewaktu - waktu ditemukan pelaku tindak pidana.

Kompol Dewa juga menyampaikan, kedepannya dari Gubernur Kalbar akan melaksanakan penilaian desa mandiri, berkaitan dengan hal itu agar dipersiapkan segala indikator yang mencakup dalam penilaian desa mandiri.

"Desa Mandiri yang dimaksud adalah mandiri dalam menangani kemanan, bencana dan menangani konflik sosial di desa. Salah satu contoh dalam indikator desa mandiri adalah adalah indikator keamanan yakni keberadaan poskamling disetiap desa dan berfungsi dengan baik," pungkas Kompol Dewa Ngakan Arinata, S.I.K.






Penulis : NR
Editor    : Arg 
Publish : Humas Polres Sekadau

0 komentar:

Posting Komentar