HEADLINE


Statistik


Home » , » Sat Binmas Polres Sekadau Lakukan Pembinaan Pos Kamling

Sat Binmas Polres Sekadau Lakukan Pembinaan Pos Kamling


TRIBRATANEWSPOLRESSEKADAU - Guna meningkatkan peran serta masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan, Polres Sekadau melalui Satuan Binmas melaksanakan kegiatan pembinaan dan penyuluhan Pos Kamling di desa Tapang Semadak kecamatan Sekadau Hilir, Senin (17/6/2019) malam pukul 21.00 WIB.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kasat Binmas IPTU Masdar serta didampingi Kanit Binkamsa Bripka Mistiaji, Kanit Bintibmas Bripka Nanang Apriyadi dan Ps. Kanit Bintibmas Brigadir Anggre Jaya Laksana.

Sebanyak 2 Pos Kamling di desa Gonis Tekam yang merupakan binaan dari Bhabinkamtibmas Polsek Sekadau Hilir Brigadir Alexander Aldo ini dikunjungi oleh Sat Binmas Polres Sekadau.

Kedatangan Kasat Binmas disambut oleh masyarakat desa Gonis Tekam bertepatan juga dengan pelaksanaan ronda Pos Kamling.

Dengan suasana penuh keharmonisan, Kasat Binmas IPTU Masdar melakukan pengecekan kelengkapan Pos Kamling mulai dari papan jadwal ronda, buku tamu serta kelengkapan sarana dan prasarana meliputi TV, Senter, Kentongan, Jimpitan dan tongkat T.

"Kelengkapan Pos Kamling baik sarana dan prasarana dalam keadaan baik dan lengkap, pengaturan jadwal serta pelaksanakan ronda juga berjalan dengan semestinya," ujar Kasat Binmas.

Kepada masyarakat Kasat Binmas menyampaikan, saat ini sistem keamanan lingkungan yang masih dipakai serta paling efisien adalah Pos Kamling, merupakan Sistem Keamanan Lingkungan yang mana masyarakat dapat berperan langsung dalam menciptakan ketertiban dan keamanan lingkungan.

Pos Kamling dapat menekan dan mengatasi kriminalitas di sebuah lingkungan dan setiap warga masyarakat yang menempati lingkungan tersebut wajib menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan dengan menjalankan sistem piket jaga atau ronda yang di rotasi setiap minggunya.

Bertepatan kegiatan tersebut, Kasat Binmas menyampaikan pembinaan Pos Kamling ini juga merupakan kesiapan dalam rangka Peringatan Hari Bhayangkara ke 73 di Polres Sekadau yang mana Polres Sekadau menggelar lomba Pos Kamling.

Perlombaan diikuti dari seluruh Pos Kamling yang dibina Bhabinkamtibmas jajaran Polres Sekadau. Lomba Pos Kamling dimulai dari 18 sampai dengan 27 Juni 2019. Hasil dari penilaian lomba Pos Kamling akan diumumkan pada saat Peringatan Hari Bhayangkara ke 73 tanggal 1 Juli 2019 di Polres Sekadau.

Kategori penilaian dalam lomba adalah kebrsihan, kelengkapan dan kekompakan awak Pos Kamling serta kegunaan Pos kamling itu sendiri sebagai forum diskusi permasalahan maupun penyelesaian permasalahan Kamtibmas terkecil dari tingkat RT, dusun hingga desa.

Pemenang dalam lombas nanti, lanjutnya, akan mewakili Polres Sekadau dalam perlombaan Pos Kamling di tingkat Polda Kalbar.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bhabinkamtibmas Polsek Sekadau Hilir Brigadir Alexander Aldo, Kadus Segori Imam Riyanto, Ketua RW, RT dusun Segori serta warga dusun segori Desa Gonis tekam.





Penulis : NR
Editor    : Arg 
Publish : Humas Polres Sekadau

0 komentar:

Posting Komentar