HEADLINE


Statistik


Home » , » Kapolda Kalbar: Kekayaan Alam Daerah Ini Melimpah di Desa

Kapolda Kalbar: Kekayaan Alam Daerah Ini Melimpah di Desa


TRIBRATANEWSPOLRESSEKADAU -  Kunjungan kerja. Inilah yang dilakukan Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH ke sejumlah daerah. Kabupaten Kayong Utara salah satu kabupaten yang disambanginya. Ia datang ke sana dengan  sejumlah pejabat utama Polda Kalimantan Barat. 

Kegiatan yang digelar di Istana Rakyat Kabupaten Kayong Utara itu tampak hadir juga Bupati Ketapang, Citra Duani beserta SKPD dan Forkopimda Kayong Utara, Pabung Kodim 1203 Ketapang beserta para Danramil jajaran Kodim 1203 Ketapang, Para Camat, Kepala Desa, Lurah, Babinsa dan Bhabinkamtibmas se - Kabupaten Kayong Utara.

Dalam kesempatan itu, Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH menyebut, provinsi Kalimantan Barat mempunyai kekayaan yang melimpah dari segi aspek geografis  demografi, dan sumber daya alam. 

“Kalimantan Barat  mempunyai kekayaan  alam yang melimpah khusus wilayah Kabupaten Kayong Utara, untuk itu kita harus memanfaatkan dengan sebaik-baiknya," tutur  Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH.

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH menjelaskan, dalam program desa mandiri ini Provinsi Kalimantan Barat terdiri dari 176 kecamatan, 2.031 Desa, 217 pulau dan kurang lebih 1.500 desa yang tertinggal.  Untuk itulah, Kepolisian Daerah Kalimantan Barat mendukung penuh upaya pemerintah provinsi Kalimantan Barat mewujudkan desa mandiri di daerah ini. Hal itu tentunya mempercepat pembangunan yang merata , adil, dan makmur sejahtera. “Kepolisian siap mendukung,” ucap Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH, menegaskan.
  
Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH kembali mengingatkan, untuk aparatur desa tentunya musti hati-hati dalam penggunaan dana desa. Sebab, jika lalai dan lemah pengawasan justru akan berdampak negatif.

“Khususnya dalam penggunan anggaran dana desa yang ada. Polri sangat antusias dalam  mendukung program ADD untuk mencegah lebih awal dari hal-hal penyimpangan oleh para Kepala Desa. Jangan sampai  ada yang menghambat pembangunan desa. Ini jangan  ada korban karena salah penggunan uang dana desa,” ujar Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH.

Tingkat Kejahatan di Kabupaten Kayong Utara Paling Rendah, Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH menjelaskan, soal situasi Kamtibmas di Kayong Utara yang paling Kondusif dibanding Kabupaten - kabupaten dan Polres - polres lain di jajaran Polda Kalbar. Namun begitu, bukan berarti Polres Kayong Utara berleha-leha dan terlena. Akan tetapi, harus mampu dan menekan kriminalitas sejak dini. Sebab, jika hal itu dilakukan, maka keamanan akan terjaga damai dan sejahtera.

"Tingkat kejahatan di Kabupaten Kayong Utara paling rendah daripada kabupaten lain atau polres - polres lain jajaran Polda Kalbar, karena ada kerukunan dan rasa kekeluargaan yang sangat kental," tutur Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH. 

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH menegaskan, "Dengan semangat bersama, TNI dan Polri selalu mendukung pemerintah Provinsi Kalimantan Barat untuk mencapai target tahun 2019, Indeks Pembangunan Manusia serta Indeks Kebahagiaan Manusia Kalbar masuk sepuluh besar,"

Kapolda Kalbar Pimpin Apel 3 Pilar di Kabupaten Kayong Utara Di Aula Istana Rakyat Bupati Kayong Utara, Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH beserta rombongan memimpin langsung  kegiatan Apel 3 Pilar Desa. Pesertanya adalah Kepala Desa, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas. Selain itu, Bupati Kayong Utara Citra Duani, Kapolres Kayong Utara  AKBP Asep Irpan Rosadi, Forkopimda, para Kepala Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, tokoh masyarakat dan tokoh agama juga turut hadir dalam kegiatan itu.

“Apel 3 Pilar Desa digelar demi kesiapan penyelenggaraan dan pengamanan Pemilu 2019 dan akselerasi pembangunan desa mandiri di Kabupaten Kayong Utara,” kata Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH.

Sementara itu, Bupati Kayong Utara, Citra Duani, berharap Apel 3 Pilar Desa saling bersinergi. Tujuanya jelas,  agar Pemilu berjalan aman dan damai.

“Supaya tingkat keamanan dan kenyamanan di Kayong Utara ini dapat terjaga, serta Pemilu yang aman dan damai di Kabupaten Kayong Utara pada tahun 2019 ini bisa terwujud," kata  Bupati Kayong Utara, Citra Duani.

Bupati Kayong Utara, Citra Duani, menjelaskan akselerasi pembangunan desa mandiri di daerahnya  menargetkan empat desa lain segera terbentuk menjadi desa mandiri tahun 2019. “Empat desa itu antara lain Pangkalan Buton, Teluk Melano, Teluk Batang, dan Seponti Jaya. Sehingga nantinya tingkat perekonomian masyarakat desa di Kayong Utara bisa meningkat,” ujarnya menjelaskan.




Penulis  : Cucu Safiyudin
Sumber : Humas Polda Kalbar
Publish : Humas Polres Sekadau

0 komentar:

Posting Komentar