HEADLINE


Statistik


Home » , , » Kunjungi Polsek Jajaran, Kapolres Sekadau Paparkan Program Prioritas Pembangunan Kalbar

Kunjungi Polsek Jajaran, Kapolres Sekadau Paparkan Program Prioritas Pembangunan Kalbar


TRIBRATANEWSPOLRESSEKADAU Kapolres Sekadau AKBP Anggon Salazar Tarmizi, S.IK melakukan kunjungan ke Polsek jajaran dalam rangka paparan program prioritas pembangunan Kalimantan Barat, Kamis (27/12/2018) pukul 07.15 WIB.

Secara umum, Kapolres Sekadau menjelaskan bahwa program Pemerintah Provinsi Kalbar tersebut mengenai pembentukan desa mandiri dengan melibatkan Polri didalamnya, melengkapi indikator perwujudan status desa mandiri. Dari 2.036 desa di Kalbar baru 1 desa yang berkatagori mandiri yakni desa Sutera yang terdapat di Kabupaten Kayong Utara.

Pada tahun 2019, di wilayah Kabupaten Sekadau akan dibentuk 4 desa mandiri, yakni di desa Sungai Ringin (Kecamatan Sekadau Hilir) dan desa Kiungkang, desa Nanga Taman serta desa  Mentukak (Kecamatan Nanga Taman).

"Pembentukan desa mandiri berdasarkan indeks ketahanan sosial, indeks ketahanan ekonomi dan indeks ketahanan lingkungan, yang merupakan perwujudan aspek prosperity dan security. Dalam hal ini security merupakan aspek yang diemban Polri dalam mendukung program desa mandiri," jelas Kapolres Sekadau.

Peran Bhabinkamtibmas sangat penting dalam mendukung program desa mandiri, menindaklanjutinya dengan program yang menyentuh langsung masyarakat dan kegiatan proaktif di wilayah binaan masing-masing.

Maka peran Polsek adalah untuk mewujudkan masyarakat yang memiliki tingkat kesadaran dan kepatuhan yang tinggi terhadap hukum dan peraturan. Memiliki partisipasi yang tinggi dalam upaya-upaya memelihara Kamtibmas dengan kemampuan daya tangkal, daya cegah, daya penanggulangan, serta daya rehabilitasi yang memadai terhadap berbagai gangguan Kamtibmas, mulai dari tingkat Desa hingga Kecamatan.

Selanjutnya, Kapolres Sekadau memaparkan program 100 hari tahun ke 2 Kapolda Kalimantan Barat tentang Polsek sebagai lini terdepan harkamtibmas melalui berbagai kegiatan seperti DD, sambang, binluh, problem solving dan sebagainya.

Indikator kegiatan tersebut akan dinilai setiap bulannya untuk mengetahui sejauhmana hasil yang dicapai dalam pelaksanaan program tersebut.





Penulis : NR
Editor    : Arg
Publish : Humas Polres Sekadau

0 komentar:

Posting Komentar