HEADLINE


Statistik


Home » , » Bhayangkari Sekadau Bersama Sat Resnarkoba Polres Sekadau Gelar Sosialiasi ToT Narkoba di MAN 1 Sekadau

Bhayangkari Sekadau Bersama Sat Resnarkoba Polres Sekadau Gelar Sosialiasi ToT Narkoba di MAN 1 Sekadau


TRIBRATANEWSPOLRESSEKADAU Mengusung tema "Melalui Sosialisasi ToT Anti Narkoba Bebaskan Generasi Muda Dari Penyalahgunaan Narkoba", Pengurus Cabang Bhayangkari Sekadau bekerjasama dengan Sat Resnarkoba Polres Sekadau menggelar sosialisasi anti narkoba di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Sekadau. 

Sosialisasi Training of Trainer (ToT) narkoba diiikuti ratusan siswa siswi, dihadiri Kapolres Sekadau yang diwakili Kasat Binmas Iptu Masdar, narasumber Kasat Res Narkoba AKP Suparwoto, Kepala Sekolah MAN 1 Sekadau Drs. Muslih, dan perwakilan pengurus cabang Bhayangkari Sekadau, Rabu (14/11/2018) pagi. 

Mewakili Kapolres Sekadau, Iptu Masdar menyebutkan bahwa tahanan rutan Polres Sekadau masih didominasi oleh kasus penyalahgunaan narkotika, bahkan ada diantaranya seorang perempuan yang merupakan pelaku peredaran narkoba. Dirinya berharap jangan sampai para pelajar terjerumus tindak pidana penyalahgunaan narkoba baik pemakai apalagi pengedar. 

Selaku Narasumber, Kasat Resnarkoba Polres Sekadau AKP Suparwoto menjelaskan kepada para siswa tentang pengertian dan jenis-jenis narkoba, serta dampak buruk dan sanksi hukum tindak pidana penyahgunaan narkotika. 

Dijelaskannya bahwa Indonesia dalam kondisi darurat narkoba. Narkoba dapat mengakibatkan rusaknya daya kerja otak, dapat menjerat seluruh lapisan masyarakat tak peduli apapun profesinya, narkoba merugikan jiwa dan kerugian secara material, narkoba juga telah menyebar ke seluruh wilayah bahkan sampai ke pelosok sekalipun dan mengancam khususnya para generasi muda. 

Ditemukan 68 narkoba jenis baru yang jumlahnya akan terus berkembang. Orang yang sudah terkena pengaruh narkoba maka akan menimbulkan efek adiksi atau kecanduan dan akan terus ketergantungan dengan barang haram tersebut. Akibatnya, para pecandu akan menghalalkan segala cara termasuk melakukan tindakan kriminal demi membeli atau memperoleh narkoba. 

Di akhir paparannya, Kasat Resnarkoba Polres Sekadau mengimbau agar para siswa bijak dan cerdas dalam penggunaan media sosial, mengambil sisi positif dan pengetahuan dari kecanggihan teknologi. Jangan sampai memposting ataupun menyebarkan berita hoax yang meresahkan masyarakat bahkan menyinggung SARA karna akan berdampak sanksi hukum bagi si pelaku. 

Pada kesempatan ini juga dibuka sesi tanya jawab bagi para siswa yang berkaitan dengan penyalahgunaan narkoba dan juga penyalahgunaan sosial media. 

Kepala sekolah MAN 1 Sekadau Drs. Muslih mengatakan pihak sekolah menjalin kemitraan dengan instansi lain untuk bekerjasama dalam rangka pengembangan generasi muda MAN 1 Sekadau, termasuk dengan pihak kepolisian. 

Drs. Muslih mengucapkan terimakasih kepada kepolisian yang telah mengadakan sosialisasi anti narkoba dengan harapan membawa dampak positif dan menambah pengetahuan para siswa tentang bahaya narkoba.




Penulis : NR
Editor    : Arg
Publish : Humas Polres Sekadau

0 komentar:

Posting Komentar