HEADLINE


Statistik


Home » , » Didesain 3 Lantai, Gedung Baru Ditreskrimsus Polda Kalbar Habiskan Anggaran Rp 15 Milyar

Didesain 3 Lantai, Gedung Baru Ditreskrimsus Polda Kalbar Habiskan Anggaran Rp 15 Milyar


TRIBRATANEWSPOLRESSEKADAU - Kapolda Kalbar, Irjen Pol Drs Didi Haryono SH MH melakukan acara tepung tawar pemancangan tiang pertama di lokasi proyek pembangunan gedung Ditreskrimsus Polda Kalbar.

Gedung baru Ditreskrimsus Polda Kalbar akan dibangun setinggi 3 lantai di lahan seluas 1.100 m persegi dengan luas bangunan 2.040 m persegi. Pembangunan ini akan menghabiskan dana sebesar Rp 15 Milliar. Pembangunan menggunakan dana hibah anggaran APBD Pemda Provinsi Kalbar.

"Bangunan ini merupakan bantuan hibah dari Pemda Provinsi Kalbar, konstuksi dijadikan dua tahap: terdiri dari tahun anggaran 2018 sebesar Rp 7.808.630.000,- untuk tahap I, tahun anggaran 2019 sebesar Rp 6.500.000.000,- untuk tahap II" ujar Irjen Pol Drs Didi Haryono saat pemancangan tiang pertama gedung Ditreskrimsus Polda Kalbar di kompleks Mapolda Kalbar, Pontianak, Jumat (28/9/2018).

Pemda Provinsi Kalbar melalui Dinas pekerjaan Umum mempercayakan pengerjaan proyek ini kepada PT. Lima Danau. Dalam kesempatan tersebut, projek manajer PT Lima Danau, Hariadi memastikan proyek akan berjalan lancar dan tepat waktu, selesai sekitar bulan Juli 2019.

Menurut Irjen Pol Drs Didi Haryono, kondisi gedung Ditreskrimsus saat ini sudah tidak memadai sangat sempit. Ia menyebut gedung yang ada sudah tak bisa menampung untuk ruangan pelayanan kepolisian seperti ruang penyidikan, ruangan dokumen dan arsip, selain itu juga bertambahnya Bag dan Subdit pada Ditreskrimsus yang memerlukan ruangan khusus dan lainnya.

Bangunan tersebut akan mengadopsi gaya bangunan minimalis bermotif kedaerahan dan menyesuaikan dengan gedung utama Mapolda Kalbar.

Untuk kenyamanan warga, lantai pertama sengaja dirancang sebagian untuk lahan parkir kendaraan dan loby ruang pelayanan kepolisian sehingga mudah akses pelayanannya, begitu juga kesediaan bunker air bersih yg dapat menampung 60 kubik didalam tanah.

Sementara itu, lantai 2 dan 3 rencana akan digunakan sebagai ruangan Direktur, Wakil Direktur, ruang gelar perkara, ruang khusus pemeriksaan, ruang para penyidik beberapa Subdit, ruang Bagrenmin dan Analis, ruang server dan data center serta ruang operasional lainnya.

“Ditahun 2018 ini, Polda Kalbar mendapat Berkah. Beberapa gedung dibangun seperti: gedung Rorena, gedung TIK, bangunan commend center Biro Ops, bangunan Masjid Annur, gedung Rumkit, SPN di Singkawang, Mes Bintara di Polres Sambas dan Polres Singkawang, Kantor Pelayanan SIM dan gedung Penjagaan di Polres Singkawang,” kata Irjen Pol Drs Didi Haryono.

Ini semua tidak datang tiba-tiba tetapi ini berangkat dari kinerja kita, kerja keras kita yang mampu mengelola kamtibmas: Pilkada aman 6 daerah, pesta Pasparawi dan menanggulangi Karhutla. Seluruh jajaran sudah melaksanakan dengan baik dalam bingkai Polda Kalbar Berkibar dengan program 100 hari jilid ke-3 yang baru selesai.

Apresiasi dan ucapan terima kasih Kapolda Kalbar, Irjen Pol Drs Didi Haryono kepada Bapak Gubernur Kalbar, Pemda Provinsi Kalbar atas hibah pembangunan gedung pelayanan public Ditreskrimsus ini, begitu juga kepada walikota dan bupati serta warga masyarakat Kalbar yang telah membantu proses dan tahapan pembangunan SPN di Singkawang dan beberapa gedung dan ruang pelayanan Kepolisian. Denga satana yang semakin baik ini, kedepan Polri akan semakin baik lagi dalam mengawal dan mensukseskan program pemerintah.

“Kami pastikan Kalbar Provinsi yang aman, siapapun yang datang dan berinvestasi di kalbar pasti aman, wisatawan domestik dan mancanegara kita kawal keamanannya,” tutup Kapolda Kalbar Irjen Pol Drs Didi Haryono mengakhiri sambutannya.

Sebagai informasi, dalam pembangunan gedung Ditreskrimsun ini, ada tim pendampingan dari Kasi Tim Pengawal Proyek Strategis Nasional Kejaksaan atinggi Kalbar, Samsuri SH MH dan Subtim Andi Panca.



Penulis  : Cucu Safiyudin
Sumber : Humas Polda Kalbar
Publish : Humas Polres Sekadau

0 komentar:

Posting Komentar