HEADLINE


Statistik


Home » » Polres Sekadau Gelar Sosialisasi Financial Bagi PNPP untuk Meningkatkan Pengelolaan Keuangan

Polres Sekadau Gelar Sosialisasi Financial Bagi PNPP untuk Meningkatkan Pengelolaan Keuangan

TRIBRATANEWSPOLRESSEKADAU Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) Polres Sekadau, menggelar kegiatan sosialisasi Financial bagi Pegawai Negeri Pada Polri (PNPP), pada Rabu (22/5/2024) pagi, di aula Bhayangkara Patriatama. 

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakapolres Sekadau Kompol Riko Syafutra, Kabag SDM AKP Suwaris, para pejabat utama (PJU), dan seluruh anggota Polres Sekadau. Personel dari Polsek jajaran Polres Sekadau turut mengikuti acara ini secara virtual.

Dalam sambutannya, Wakapolres Sekadau Kompol Riko Syafutra menyampaikan pentingnya kegiatan ini bagi seluruh personel Polres Sekadau. Ia berharap sosialisasi ini dapat memberikan manfaat dalam pengelolaan keuangan pribadi setiap anggota.

"Kegiatan ini diikuti oleh seluruh personel Polres Sekadau, termasuk Polsek jajaran yang mengikuti secara virtual. Diharapkan sosialisasi ini dapat memberikan manfaat terkait pengelolaan keuangan," ucapnya.

Senada dengan Wakapolres, Kabag SDM Polres Sekadau AKP Suwaris menyatakan bahwa hampir 80% personel Polres Sekadau memiliki pinjaman di bank. Namun, pengelolaan keuangan mereka masih kurang efektif. 

Dalam sesi penyampaian materi, Riki Suhindra, narasumber dari Bank Kalbar Cabang Sekadau, menjelaskan berbagai aspek penting dalam pengelolaan keuangan. Riki menyoroti masalah keuangan yang sering dihadapi, seperti gaya hidup, kebutuhan bulanan, hutang, dan pengeluaran tidak terduga. 

"Solusi untuk masalah keuangan ini adalah dengan membedakan antara kebutuhan dan keinginan, serta menyusun anggaran keuangan yang tepat. Prioritaskan tabungan dibanding kebutuhan lain, dan gunakan metode 50/30/20 dalam pengelolaan keuangan," jelas Riki.

Metode 50/30/20 yang dijelaskan oleh Riki mencakup alokasi 50% untuk kebutuhan pokok, 30% untuk keinginan, dan 20% untuk tabungan. Selain itu, menyesuaikan gaya hidup dengan penghasilan dan menyisihkan sebagian untuk sedekah juga merupakan langkah penting dalam pengelolaan keuangan yang sehat.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan seluruh anggota Polres Sekadau dapat lebih bijak dan cerdas dalam mengelola keuangan pribadi mereka, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan stabilitas finansial di masa depan.


Penulis : NR
Editor    : Arg
Publish : Humas Polres Sekadau  

0 komentar:

Posting Komentar