HEADLINE


Statistik


Home » , , » Polres Sekadau Gelar Anev Kinerja Bhabinkamtibmas, Tekankan Cooling System Jelang Pilkada

Polres Sekadau Gelar Anev Kinerja Bhabinkamtibmas, Tekankan Cooling System Jelang Pilkada

TRIBRATANEWSPOLRESSEKADAU Polres Sekadau melaksanakan kegiatan Anev Kinerja Bhabinkamtibmas untuk bulan April 2024. Kegiatan yang merupakan bagian dari program kerja Sat Binmas Polres Sekadau ini berlangsung di aula Bhayangkara Patriatama pada Kamis (16/5).

Kapolres Sekadau AKBP I Nyoman Sudama, yang diwakili oleh Wakapolres Kompol Riko Syafutra, menekankan pentingnya peran aktif fungsi Binmas dalam menjaga Kamtibmas. Wakapolres meminta agar Bhabinkamtibmas turun langsung ke masyarakat untuk melaksanakan cooling system pasca Pemilu 2024 dan menjelang Pilkada 2024 di Kabupaten Sekadau.

"Cooling system adalah langkah-langkah pencegahan dan penanggulangan konflik yang dilakukan dengan pendekatan persuasif dan humanis. Hal ini penting dilakukan untuk meredakan ketegangan dan menjaga situasi kamtibmas yang kondusif," tegas Wakapolres.

Wakapolres juga mengingatkan Bhabinkamtibmas agar selalu menjaga netralitas dan tidak memihak kepada pihak manapun dalam Pilkada.

"Sesuai dengan Peraturan Polisi Nomor 1 Tahun 2021, Bhabinkamtibmas merupakan pengemban fungsi Polmas, sehingga para Bhabinkamtibmas diharapkan mampu membangun kedekatan dan kepercayaan masyarakat," tuturnya.

Kasat Binmas Polres Sekadau, AKP Masdar, selaku pembina fungsi Bhabinkamtibmas, juga menguatkan arahan tersebut dengan menekankan pentingnya pelaksanaan kegiatan rutin Bhabinkamtibmas.

"Menjelang Pilkada, atensi dari Bapak Kapolres kepada para Bhabinkamtibmas adalah untuk mulai memetakan daerah yang berpotensi menimbulkan konflik dan melaksanakan cooling system dimulai dari para tokoh terlebih dahulu, seiring dengan dinamika yang ada," jelas AKP Masdar.

AKP Masdar menginformasikan, dalam kegiatan Beyond Trust Presisi 2024 Triwulan II, terdapat program baru yaitu pencegahan perundungan atau bullying. Kepada Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas agar melaksanakan penyuluhan ke sekolah-sekolah guna mengantisipasi terjadinya perundungan.

Sambungnya, menjelang peringatan Hari Bhayangkara, akan diadakan lomba Satkamling. Terkait hal itu agar Bhabinkamtibmas berkoordinasi dengan para Kepala Desa dan tokoh masyarakat untuk mempersiapkan acara tersebut.

Menutup kegiatan, Sat Binmas Polres Sekadau memberikan reward kepada Bhabinkamtibmas yang menunjukkan kinerja terbaik dalam laporan kegiatan rutin melalui aplikasi BOS V2. Diharapkan, melalui kegiatan ini, Polres Sekadau dapat terus meningkatkan kinerja dan sinergitas Bhabinkamtibmas dalam menjaga dan memelihara Kamtibmas.


Penulis : NR
Editor    : Arg
Publish : Humas Polres Sekadau  

0 komentar:

Posting Komentar