HEADLINE


Statistik


Home » , » Peringati Hari Buruh, Kapolres Ajak Buruh dan Pengusaha Bekerja Sama Wujudkan Sekadau Maju, Sejahtera, dan Bermartabat

Peringati Hari Buruh, Kapolres Ajak Buruh dan Pengusaha Bekerja Sama Wujudkan Sekadau Maju, Sejahtera, dan Bermartabat

TRIBRATANEWSPOLRESSEKADAU Dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional yang jatuh pada tanggal 1 Mei, serikat pekerja/Buruh DPC Pejuang Lintas Kathulistiwa (Pelikha) Kabupaten Sekadau menggelar Coffee Morning di Lupung Coffee, Jalan Merdeka Selatan, pada Rabu (1/5/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekda Kabupaten Sekadau, H. Mohammad Isa, Kapolres Sekadau AKBP I Nyoman Sudama, Danramil Sekadau Hilir Lettu Hendrikus, Kapolsek Sekadau Hilir IPTU Kuswiyanto, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Sekadau, Novita Ratu, Ketua DPP Pelikha Provinsi Kalbar, Sibarni, dan Ketua DPC Pelikha Kabupaten Sekadau Kornelius Nene.

Mengangkat tema "Kerja Bersama Wujudkan Pekerja/Buruh yang Kompeten demi Mendukung Kabupaten Sekadau yang Maju, Sejahtera, dan Bermartabat", kegiatan ini membahas peran pemerintah dalam melindungi kepentingan buruh, termasuk melalui regulasi dan BPJS Ketenagakerjaan.

Ketua DPC Pelikha Sekadau, Sibarni, mengatakan bahwa Hari Buruh adalah momen untuk saling berbagi dan bekerja sama.Tahun ini tidak akan dilakukan aksi demonstrasi, namun tetap menuntut pemerintah untuk memperhatikan kondisi buruh. Pihaknya juga mengapresiasi dukungan dari pemerintah dan instansi terkait dalam kegiatan Serikat Pekerja/Buruh DPC Pelikha Kabupaten Sekadau.

Sekda Sekadau, Mohammad Isa menyampaikan, Hari Buruh yang dirayakan pada tanggal 1 Mei adalah momen untuk memperingati perjuangan dan prestasi gerakan buruh, serta untuk mengingatkan akan pentingnya hak-hak pekerja.

Sekda mengatakan, pemerintah sebagai pemangku kepentingan mempunyai tanggung jawab untuk melindungi kepentingan buruh salah satunya dengan mengeluarkan regulasi yang menjamin hak buruh, BPJS Ketenagakerjaan dengan manfaat yang melingkupinya merupakan salah satu bentuk proteksi dari pemerintah kepada Buruh atau Pekerja, akan tetapi ke depan harus tetap ditingkatkan dengan tetap memperhatikan kepentingan pihak pengusaha.

"Kepada para buruh dalam kesempatan ini kami mengucapakan selamat hari buruh, semoga dengan peringatan hari buruh ini Kedepan semua persoalan dan permasalahan yang dihadapi buruh segera diatas dan mendapat perlindungan," ucap Sekda Sekadau.

Kapolres Sekadau AKBP I Nyoman Sudama pada kesempatan ini turut memberikan apresiasi seluruh buruh yang hadir dan mendukung kemajuan serta kinerja Seluruh Buruh di Kabupaten Sekadau.

Kapolres menyoroti permasalahan jumlah lulusan sekolah yang lebih banyak daripada lapangan pekerjaan. Menekankan pentingnya peningkatan kompetensi SDM, menarik investor, memperbanyak UMKM, dan meningkatkan infrastruktur.

"Solusi dan strategi untuk menghadapi permasalahan ini, yaitu peningkatan kompetensi SDM, dengan melaksanakan pelatihan tenaga kerja, menarik investor masuk  ke dalam wilayah Sekadau untuk menciptakan lapangan kerja yang baru, dengan meningkatkan UMKM yang dimana kabupaten Sekadau sudah di dirikan Gedung UMKM sehingga hanya perlu dilakukan pengelolaan yang baik untuk menggali potensi," ucap Kapolres. 

Kegiatan dilanjutkan dengan foto bersama, sesi diskusi, dan hiburan. Situasi selama kegiatan berlangsung aman dan kondusif dengan pengamanan yang melibatkan personel Polres Sekadau di lokasi kegiatan.


Penulis : NR
Editor    : Arg

0 komentar:

Posting Komentar