HEADLINE


Statistik


Home » , , » Apel Jam Pimpinan, Kapolres Sekadau Sampaikan Tiga Prinsip Dasar Penanganan Permasalahan Masyarakat

Apel Jam Pimpinan, Kapolres Sekadau Sampaikan Tiga Prinsip Dasar Penanganan Permasalahan Masyarakat

TRIBRATANEWSPOLRESSEKADAU Kapolres Sekadau AKBP I Nyoman Sudama, memimpin apel jam pimpinan pada Senin (27/5/2024) pagi, yang dihadiri oleh Wakapolres Sekadau Kompol Riko Syafutra, para pejabat utama dan seluruh anggota Polres Sekadau. 

Apel jam pimpinan diawali dengan doa dan pengucapan Tribrata dan Catur Prasetya, dalam arahannya, Kapolres menekankan tiga prinsip dasar yang menjadi landasan dalam menangani setiap permasalahan yang muncul di masyarakat.

Prinsip pertama adalah prinsip empiris. Kapolres menegaskan bahwa masyarakat memiliki ekspektasi tinggi terhadap polisi dalam menyelesaikan berbagai masalah, termasuk yang di luar bidang keamanan.

 “Oleh karena itu, jangan pernah mengeluh ketika masyarakat melaporkan permasalahan yang tidak langsung berkaitan dengan Kamtibmas,” tegasnya. 

Prinsip kedua adalah prinsip normatif, yang mengharuskan polisi tidak hanya merespons masalah berdasarkan aturan yang ada. Polisi diharapkan mampu menyederhanakan dan mengurangi bahkan meniadakan masalah yang kompleks di masyarakat. 

Sambung Kapolres, kemudian prinsip ketiga adalah prinsip saintifik. Ia mendorong seluruh anggota Polres Sekadau untuk selalu menerapkan konsep dan teori dalam menganalisis setiap permasalahan yang muncul di masyarakat. 

“Prinsip ini kita peroleh di lembaga pendidikan dan pengalaman saat kita bekerja. Jangan pernah berhenti belajar dan berlatih. Apa yang kita lakukan adalah bagian dari proses pembelajaran,” ujarnya.

Kapolres juga mengingatkan pentingnya pelaksanaan tugas yang telah dilakukan agar diingat dan diterapkan dengan baik. Kegiatan asistensi dan pembekalan harus menjadi panduan dalam kehidupan pribadi dan kedinasan.

Selain itu, Kapolres mengulas rangkaian kegiatan menyambut Hari Bhayangkara ke 78  yang telah dilaksanakan sebelumnya. Ia mengajak seluruh anggota untuk mendukung kegiatan tersebut, tidak hanya untuk memeriahkan Hari Bhayangkara, tetapi juga untuk memperkuat modal sosial dalam menjaga Kamtibmas dengan melakukan pendekatan langsung kepada masyarakat.

Di akhir arahannya, Kapolres berpesan kepada seluruh anggota Polres Sekadau untuk mengisi waktu dengan kegiatan yang bermanfaat, serta menempatkan diri di lingkungan yang positif, aktif, dan penuh dengan orang-orang kreatif serta berpikiran maju.


Penulis : NR
Editor    : Arg
Publish : Humas Polres Sekadau  

0 komentar:

Posting Komentar