HEADLINE


Statistik


Home » , , » Kasat Binmas IPTU Masdar Ajak Masyarakat Sekadau Dukung Ops Bina Karuna

Kasat Binmas IPTU Masdar Ajak Masyarakat Sekadau Dukung Ops Bina Karuna


TRIBRATANEWSPOLRESSEKADAU - Dalam rangka mensosialisasikan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Polres Sekadau melalui kegiatan Safari Jum'at sosialisasikan Operasi Bina Karuna Kapuas 2019.

Safari Jum'at kali ini digelar di masjid Sirathal Mustaqim desa Tapang Semadak kecamatan Sekadau Hilir, Jum'at (9/8/2019) pukul 11.30 WIB.

Kasat Binmas Polres Sekadau IPTU Masdar mewakili Kapolres dalam kesempatan tersebut menyampaikan imbauan Kamtibmas mengenai pencegahan dan penanggulangan karhutla.

Ia mengatakan, dalam pencegahan karhutla, jajaran Polri menggelar operasi pencegahan kebaran hutan dan lahan. Untuk di Polda Kalbar dengan nama Bina Karuna Kapuas.

Operasi ini digelar selama 21 hari dimulai dari tanggal 24 Juli 2019, Polres Sekadau sendiri menyiagakan 3 Posko Penanganan karhutla di 3 kecamatan.

Bersamaan dengan itu, pemerintah pusat juga menempatkan personel gabungan Satgas Karhutla dari TNI Polri, BPBD dan masyarakat difokuskan pada kebakaran lahan gambut.

Satgas Karhutla dari pemerintah pusat ini bertugas selama 120 hari disetiap Pos yang berada di desa yang wilayahnya terdapat lahan gambut. Dan di kabupaten Sekadau ada 4 desa yakni desa Sungai Kunyit, Landau Kodah, Sungai Ayak I dan desa Entabuk.

Diimbau agar seluruh masyarakat mendukung pelaksanaan operasi pencegahan karhutla karena dari tahun ke tahun karhutla selalu menjadi masalah utama negara.

Peran elemen masyarakat sangat penting dan berguna dalam pencegahan dan pengawasan karhutla. Jangan sampai negara kita menjadi pengirim kabut asap ke negara lain.

"Mari kita jaga bersama kelestarian hutan dengan tidak membuka lahan dengan cara dibakar. Jadikan kabupaten Sekadau menjadi daerah yang sehat bebas dari kabut asap," ajaknya.

Terakhir IPTU Masdar berpesan kepada para orang tua agar mengawasi pergaulan anak. Pada pertengahan tahun 2019, kasus kriminalitas di Polres Sekadau didominasi narkoba dan kasus asusila.

Tentunya kasus ini menjadi keprihatinan bagi kita semua. Agar dilakukan pengawasan terhadap pergaulan anak terutama dalam penggunaan smartphone mengakses media sosial.

"Jangan sampai mereka sebagai generasi penerus bangsa hancur karena narkoba dan kenakalan remaja. Bekali dengan akhlaq dan budi pekerti serta ilmu agama," tutup IPTU Masdar mengakhiri pesan Kamtibmas.




Penulis : NR
Editor    : Arg 
Publish : Humas Polres Sekadau

0 komentar:

Posting Komentar