HEADLINE


Statistik


Home » , » Kasat Binmas Silaturahmi Dengan Tokoh Agama Bahas Anti Radikalisme

Kasat Binmas Silaturahmi Dengan Tokoh Agama Bahas Anti Radikalisme



TRIBRATANEWSPOLRESSEKADAU - Masih dalam suasana Idul Fitri 1440 H, Satuan Binmas Polres Sekadau melaksanakan silaturahmi Kamtibmas di kediaman salah satu tokoh agama Islam kabupaten Sekadau Kiai Muhdlor, S.Pdi, Selasa (18/6/2019) pukul 13.00 WIB.

Kedatangan Sat Binmas Polres Sekadau yang dipimpin oleh Kasat Binmas IPTU Masdar disambut langsung Kiai Muhdlor di kediamannya di Jl. Sintang Km 7 desa Mungguk kecamatan Sekadau Hilir.

Tak hanya bersilaturahmi dan berlebaran, pada kesempatan itu juga Kasat Binmas berbincang Kamtibmas dengan Kiai Muhdlor yang juga merupakan ketua MUI kabupaten Sekadau.

Kasat Binmas berharap tokoh agama di kabupaten Sekadau dapat berperan dalam menjaga Kamtibmas terutama menangkal paham radikalisme.

Paham radikal menjadi sangat bermasalah di Indonesia karena berusaha memaksakan kehendak kepada semua orang untuk mendirikan negara atas dasar agama tertentu. Padahal, masyarakat Indonesia terdiri atas berbagai macam agama dan suku yang sangat majemuk.

"Pemaksaan kehendak itu tidak sejalan dengan semangat ideologi bangsa yang mengayomi semua identitas di Indonesia. Dengan kondisi masyarakat yang seperti ini, akan lebih baik bila setiap elemen bangsa menerima adanya perbedaan identitas kemudian bisa saling bertoleransi," ucap Kasat Binmas.

Hal itu akan menjadi kekuatan yang signifikan bagi bangsa dan negara Indonesia. Perbedaan bukanlah aspek yang bisa dieksploitasi untuk kepentingan politik. Apalagi untuk mereka yang secara terang-terangan mengaku berseberangan dengan Pancasila dan UUD 1945.

Kiai Muhdlor berpendapat, dalam hal ini, tentunya bukan hanya kalangan pemerintah yang harusnya mengambil bagian untuk mencegah dan mengatasi paham radikalisme, namun seluruh rakyat harusnya juga ikut terlibat dalam usaha tersebut, terutama kaum pemudi-pemuda.

"Hal ini dikarenakan kaum pemudalah yang nantinya merupakan generasi penerus bangsa ini, sekaligus menjadi ujung tombak untuk melakukan pencegahan dan pemberantasan akan masalah tersebut, yaitu radikalisme agar tidak menjadi penyebab terjadinya tindakan penyalahgunaan kewenangan," kata Kiai Muhdlor.





Penulis : NR
Editor    : Arg 
Publish : Humas Polres Sekadau

0 komentar:

Posting Komentar