HEADLINE


Statistik


Home » , , » Patroli Gabungan TNI Polri Padamkan 3 Titik Api di Nanga Taman

Patroli Gabungan TNI Polri Padamkan 3 Titik Api di Nanga Taman


TRIBRATANEWSPOLRESSEKADAU - Berdasarkan pantauan dari satelit Aqua, Senin (13/8) pukul 14.00 WIB, terdapat 3 titik api tepatnya di desa Meragun, Rirang Jati dan Nanga Engkulun kecamatan Nanga Taman kabupaten Sekadau.

Aparat gabungan TNI Polri yang dipimpin Kapolsek Nanga Taman Polres Sekadau Ipda Didik Darman Putra, segera bergerak menuju ke lokasi untuk melakukan pengecekan dan pemadaman.

Ketiga titik api diketahui berasal dari lahan milik warga yang sengaja dibakar untuk keperluan berladang dengan luas pembakaran masing-masing sekitar 0,5 hektar.


"Dengan peralatan seadanya, selama kurang lebih 1 jam api berhasil dipadamkan oleh petugas gabungan," terang Kapolsek usai memastikan api benar-benar padam. 

Selanjutnya, terhadap pemilik lahan tidak dilakukan penindakan hukum mengingat kearifan lokal dengan luas lahan yang dibakar sekitar 0,5 hektar.

Namun, mereka dilakukan pembinaan serta pendataan dengan membuat surat pernyataan agar tidak mengulangi kembali.


Kapolsek juga memberikan imbauan kepada pemilik lahan agar dapat menyampaikan kembali kepada warga desa lainnya serta kerabat agar mengindahkan kembali maklumat Kapolda Kalbar tentang larangan membakar hutan dan lahan.

"Boleh membakar lahan kurang dari 1 hektar, tapi harus dikoordinasikan terlebih dahulu kepada aparat desa setempat maupun aparat keamanan dari TNI dan Polri," pungkas Kapolsek.




Penulis : Viktor
Editor    : Arg
Publish : Humas Polres Sekadau

0 komentar:

Posting Komentar